PEMAHAMAN WAWASAN PENDIDIKAN
Pemahaman Wawasan Pendidikan
adalah wawasan yag dibutuhkan oleh seorang guru dalam memusatkan perhatiannya
kepada hal-hal yag berkenaan dengan
memandang serta cara bersikap yang lebih umum yang dimiliki setiap guru didalam
menghadapi tugas-tugasnya dalam arti yang lebih mendasar, yaitu seperti wawasan
dalam hal belajar mengajar.
Ada beberapa contoh tenntag pemahaman wawasan pendidikan yag
harus dimiliki oleh seorang guru yaitu:
- Guru memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menyelenggarakan pembelajaran dikelas
- Guru harus memiliki kesesuaian antara latar belakang keilmuan dengan subjek yag dibina
- Guru memiliki latar belakang pendidikan keilmuan sehingga memiliki keahlian secara akademik dan intelektual
- Wawasan pemecahan masalah
- Wawasan perhatian terhadap peserta didik
- Guru harus menuntut peserta didik untuk berprestasi
- Guru harus mengetahui permasalahan-permasalahan yag sedang dihadapi oleh peserta didik
- Guru mampu menyampaikan pemahamannya terhadap apa yang dimiliki
- Guru harus meng-update permasalahan dalam pendidikan
- Guru harus memiliki referensi dalam pemberian materi pembelajaran
PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pengembangan Kurikulum adalah suatu proses yang merencanakan,
menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan didasarkan pada hasil penelitian
terhadap kurikulum yag berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi kegiatan belajar mengajar yang lebih
baik.
Contoh:
- Guru memiliki kemampuan mengembangkan kurikulum pendidikan nasional yang disesuaikan dengan kondisi spesifik lingkunga sekolah
- Guru mampu memilih, menyusun dan menata materi pembelajaran yag sesuai dengan kebutuhan peserta didik
- Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum
- Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan
- Guru mengikuti urutan materi pembelajaran denga memperhatikan tujuan pembelajaran
- Guru memiliki materi pembelajaran yang sesuai dengan tujua pembelajaran
- Guru memiliki materi pembelajaran yag tepat dan mutakhir
- Guru memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar